Lidartawan : Kecenderungan Surat Suara Tidak Sah, Terbanyak Surat Suara DPD

  • 10 Mei 2019
Lidartawan : Kecenderungan Surat Suara Tidak Sah, Terbanyak Surat Suara DPD

Beritabali.com, Denpasar. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali Dewa Agung Gede Lidartawan menyebutkan terdapat kecenderungan di beberapa daerah di Bali  yang menunjukkan bahwa jumlah suara tidak sah dalam pelaksanaan Pemilu 2019 terbanyak adalah surat suara DPD. Dimana jumlah suara tidak sah DPD justru lebih tinggi dari jumlah suara tidak sah pada DPRD tingkat Kabupaten dan Provinsi.

"Padahal tingkat kerumitan jauh lebih rumit di surat suara DPRD kabupaten dan provinsi. Kata Masyarakat lebih gampang nyoblos yang ada fotonya daripada yang tidak ada gambarnya" kata Lidartawan saat menjadi narasumber dalam Workshop Peliputan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Sanur pada Kamis (9/5)

Lidartawan menyatakan belum mengetahui apakah fenomena ini karena DPD yang kurang melakukan sosialisasi atau karena ada faktor lain. Jika sosialisasi yang rendah atau kurang maka kedepan dalam pelaksanaan Pemilu menjadi penting dilakukan pengenalan calon yang lebih baik.

Mantan Ketua KPU Bangli ini mengakui masih mempelajari dan belum menarik kesimpulan terhadap fenomena yang ada. Namun fenomena ini menjadi penting diketahui dan dicarikan solusinya agar kedepan menjadi lebih baik.[bbn/Mul]

  • 10 Mei 2019

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita